× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

First Ride Honda CB150X, Handling Lincah dan Beberapa Catatan Lainnya  

First Ride Honda CB150X

NaikMotor – Akhirnya Honda CB150X, motor jenis sport adventure touring baru dari Astra Honda Motor mulai didistribusikan ke pasar pada bulan ini. Ini beberapa kesan yang kami rasakan saat first ride Honda CB150X di AHM Safety Riding & Training Park, Cikarang, Senin (13/12/2021).

Dengan membawa gaya adventure, tentu desain bodi menjadi daya tarik saat pertama melakukan first ride Honda CB150X. Lintasan yang akan dilalui dibuat untuk menguji kelincahan, kestabilan serta tentunya performa mesin sebanyak lima putaran di area trek safety riding. Cuma sepertinya kesempatan menjajal CB150X ini hanya sekadar menguji kelincahannya saja karena tidak diarahkan ke trek offroad untuk mengetahui bagaimana rasanya sensasi berkendara di jalan tanah. Mungkin ada kesempatan lainnya.

Posisi berkendaranya membuat badan menjadi  tegak karena setang  dirancang lebih tinggi dan lebar saat duduk di jok yang lekukannya dibuat nyaman menyangga bokong. Sementara kaki meski tidak menapak sempurna, masih bisa memberikan kepercayaan diri mengendarainya  dengan rileks. Wajar lah, namanya juga motor adventure dengan tinggi jok 819mm.  Sudut-sudut posisi berkendara  ini membuat kita lebih santai sih, jadi sudah membayangkan kalau nanti menggebernya akan nyaman dan tidak membuat pegal.

Nilai ergonomis inilah salah satu kunci menurut kami saat pertama menyemplak motor adalah bagaimana membangun impresi nyaman dan tidak mengintimidasi diri kita.

Oiya, di area dasbor, disediakan full digital panel meter dengan tampilan layar besar untuk menampilkan berbagai informasi antara lain posisi gir, konsumsi bahan bakar rata-rata A & B, konsumsi bahan bakar instan, dan penunjuk waktu. Cukup lah untuk harga CB150X standar  Rp 32,95 juta serta membuat kita tidak terlalu dikendalikan oleh teknologi motor.

Benar adanya kalau motor ini memang punya karakter lincah diajak meliuk-liuk melewati jalur yang disediakan. Gesit dan stabil diajak bermanuver ekstrem tanpa rasa takut gelosor menaklukan tikungan-tikungan model patah.  Untuk kelincahan dan kestbilannya ini kami angkat jempol deh..” Handling ini selain dipengaruhi oleh suspensi empuk, kemudian sudut caster lebih besar dari pada CB150R. CB150R 25.00 derajat sementarta CB150X 25.25 derajat,” sebut Endro Endro Sutarno dari Technical Service Division PT AHM.

Nah, soal suspensi tentu saja dengan model fork upside down juga turut menambah kepercayaan diri kita meningkat apalagi nanti akan dibawa menjelajahi berbagai medan jalan. Kami merasakan suspensi depan CB150X bisa diandalkan setelah menjajalnya menghajar gundukan seperti table top di jembatan. Beberapa kali kami mencoba dengan tenaga penuh agar saat mendarat suspensi depan ini bisa bekerja memberikan rebound maksimal. Sementara suspensi belakang juga mendukung pengendalian tetap nyaman.

Nah, soal tenaga memang tidak bisa dirasakan sepenuhnya, cuma catatan kami di putaran bawahnya terasa kurang dan baru terasa powernya di putaran menengah saat masuk gigi tiga. Kami pun hanya bisa sampai menggunakan gigi lima di trek lurus. New CB150X dibekali mesin 150cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6-percepatan. “ Karakter untuk adventure touring di di putaran menengah akan lebih powerful dan responsif beda dengan CB150R, atau CBR karena berbeda di setting ECU. Makanya tenaganya akan mulai lebih terasa saat di 7000 atau 8000 rpm,” tambah Endro.

Catatan kami motor ini tinggal di masalah tenaga saja perlu ditingkatkan kalau mau enak dibawa touring jarak jauh, belum lagi misalnya bawa barang bawaan di sidebag atau tour pack.Satu lagi, yang perlu ditanbahkan mungkin fitur keselamatan rem ABS agar makin mantap dan membuat lebih pede saat digunakan untuk mengekspolorasi. (Arif/nm)

The post First Ride Honda CB150X, Handling Lincah dan Beberapa Catatan Lainnya   appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Pembayaran Contactless di SPBU Shell di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya
    NaikMotor – SPBU Shell kini menerima pembayaran transaksi dengan sistem Visa contactless. Pembayaran ini sudah bisa dinikmati konsumen wila...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...
  • Bawa Motor ke IMoS 2018 Siapkan e-money Buat Bayar Parkir
    NaikMotor – Mengunjungi pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018 akan menyenangkan sambil naikmotor dari rumah. Tetapi jangan lupa jik...
  • Usai MotoGP Qatar Batal, MotoGP 2020 Thailand Batal Juga?
    NaikMotor – Kabar batalnya MotoGP Qatar yang akan diselenggarakan minggu depan sudah dikonfirmasi. Ada kekhawatiran MotoGP 2020 Thailand ...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah