× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik

CDI Vespa

NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI). Sebab CDI pada Vespa dinilai lebih efisien dan minim perawatan.

Kebanyakan pengguna Vespa klasik masih belum tahu apa fungsi CDI. Komponen yang menentukan kapan percikan busi terjadi tentunya menjadi vital. Kinerja CDI didukung oleh pulser yang bekerja sebagai sensor posisi piston. Nantinya sinyal pulser akan memerintahkan SCR (Silicon Controlled Rectifier) kapan waktu yang tepat agar kapasitor melepas arus listrik yang menuju koil.

Fungsi sistem pengapian CDI sangatlah mempengaruhi performa sepeda motor. Sistem pengapian yang baik bisa membakar dengan tuntas dan sempurna sehingga panas yang dihasilkan lebih optimal.

Selain itu, sistem CDI juga memanfaatkan energi yang tersimpan pada kapasitor yang nantinya akan digunakan untuk menghasilkan tegangan tinggi ke koil pengapian sehingga fungsi koil dapat menghasilkan percikan api pada busi.

Foto: Istimewa

Semakin besar energi kapasitor maka semakin kuat percikan busi untuk memantik kabut bahan bakar (udara dan bensin). Energi yang besar juga mempermudah percikan api menembus kompresi tinggi maupun kabut bahan bakar pekat yang disebabkan pembukaan throttle yang lebih besar. Oleh sebab itu menggunakan komponen CDI yang tepat akan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar serta performa sepeda motor.

“Penggunaan CDI pada Vespa memang lebih praktis karena sistem pengapian sudah otomatis, tidak seperti platina yang harus sering di setel. Namun pemilihan CDI harus tepat karena akan mempengaruhi performa mesin dan konsumsi BBM,” terang Agung dari Eliazard Scooter Work. (Daus/Prob/NM).

The post Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Terkait

  • Astra Siaga Lebaran 2024: Honda Siapkan 12 Posko Mudik 
  • Bezzechi dan Diggia Bakal Pakai Motor Listrik Velocifero
  • Dorna Sport Dimiliki Liberty Media Pemilik F1
  • Wahana Gelar Honda Premium Matic Day di Serpong, Bisa Tes Unit dan Dapat Promo
  • Mesin Rutin Dirawat Tapi Masih Boros Coba Cek Busi, Siapa Tahu Keramiknya Retak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<< Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021 Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Laguna Seca Bakal Gelar WorldSBK Lagi, Kapan?
    NaikMotor – Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat kabarnya akan bisa gelar WorldSBK lagi. Gelaran terakhir Kejuaraan Dunia Superbike berl...
  • Yamaha Crosser150 2022 Mini Adventure Baru, Ada 2 Varian
    NaikMotor – Yamaha mulai menembus pasar mini adventure dengan Crosser150 2022 atau XTZ150. Adventure mini Yamaha itu dihadirkan dalam 2 va...
  • Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021
    NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pen...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah