× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Menjajal All New CBR150R dengan Beberapa Catatan

Menjajal All New CBR150R

NaikMotor – Dibuat menyerupai CBR250RR, PT Astra Honda Motor meluncurkan generasi kelima CBR150R dengan berbekal beberapa ubahan baru. Kami berkesempatan menjajal All New CBR150R di trek AHM Safety Riding di Cikarang, Kamis (14/1/2020).

Sebagai sportbike kompak, New CBR150R kali ini dirancang lebih modern dari sisi desain dan tuntutan pasar akan kebutuhan kenyamanan dan keamanan. Acuannya adalah Honda CBR250RR yang sebelumnya telah direvisi pada peluncuran di Oktober 2020.

Dari generasi sebelumnya, CBR150R kini bertambah bobot 2kg  menjadi 139 kg untuk tipe ABS. Penggunaan fork depan upside down Big Piston Front Fork (BPF) juga berpengaruh terhadap kenyamanan saat mengendarainya. Oiya, tipe upside down ini berbeda dengan fork depan CBR250RR yang sudah menggunakan model cartridge menurut Endro Sutarno selaku Technical Service Division AHM.

Saat diberikan kesempatan menjajal All New CBR150R oleh AHM, kami sangat antusias karena ingin merasakan hal baru dari sportbike ini. Desain bodi yang lebih agresif ketimbang model sebelumnya menjadi pemicu kami untuk segera memacunya. Posisi berkendaran untuk model sport cukup ergonomis karena punya kontur lebih tinggi jadi tidak mudah pegal walau membungkuk. Lutut juga makin lengket menempel ke tangka karena didesain mengikuti posisi kaki ketika menekuk Begitu juga dengan kaki yang menjejak ke bawah dengan leluasa termasuk ketika menempel ke footpeg.

Catatan kami adalah suspensinya empuk baik di belakang maupun di depan, iyalah..sudah upside down. Satu hal yang menjadidi catatan, kalua shockabsorber belakangnya sekarang sudah tidak lagi menggunakan stelan kekerasannya, karena menurut Endro Sutarno, jarang sekali yang mengerti soal setting suspensi. Hal ini juga berlaku di fork depan upside down sudah fixed. Makanya, ketika memacu melalui trek berkelok seperti chicane bahkan ketika U turn atau memutar balik masih dirasakan stabil tanpa khawatir geser untuk rebah. Ditambah lagi pengereman yang sudah dilengkapi ABS, makin lebih aman khususnya ketika bermanuver ekstrem.

Foto: AHM

Hal lain yang kami rasakan adalah akselerasi lebih responsif dari mulai tarikan awal dan tanpa gejala saat downshift. Pengaplikasian Assist & Slipper Clutch ternyata membuat kopling lebih enteng karena sekarang hanya menggunakan tiga per di dalamnya. Begitu juga saat secara ekstrem menurunkan gigi di tikungan, tanpa dirasakan gejala geser.  Secara teori pada saat mesin berputar cam assist karena daya putar tadi berfungsi seperti penarik clutch hub dan bersama operating plate menekan plat kopling. Sehingga mengurangi tekanan per kopling, yang dirasakan oleh pengendara ketika menarik tuas kopling menjadi ringan.

Selain itu hal baru yang dibenamkan ke CBR150R sekarang adalah mapping ECU, air intake dan muffler knalpot untuk mendongkrak performanya. Jadi, hal yang menjadi catatatn kami saat menjajal All New CBR150R ini adalah bahwa  motor ini bisa menjadi tunggangan yang nyaman buat harian atau juga dibawa touring dari riding position khususnya. (Arif/nm)

The post Menjajal All New CBR150R dengan Beberapa Catatan appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Terkait

  • Mesin Rutin Dirawat Tapi Masih Boros Coba Cek Busi, Siapa Tahu Keramiknya Retak
  • Astra Siaga Lebaran 2024: Honda Siapkan 12 Posko Mudik 
  • Bezzechi dan Diggia Bakal Pakai Motor Listrik Velocifero
  • Dorna Sport Dimiliki Liberty Media Pemilik F1
  • Wahana Gelar Honda Premium Matic Day di Serpong, Bisa Tes Unit dan Dapat Promo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...
  • Laguna Seca Bakal Gelar WorldSBK Lagi, Kapan?
    NaikMotor – Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat kabarnya akan bisa gelar WorldSBK lagi. Gelaran terakhir Kejuaraan Dunia Superbike berl...
  • Yamaha Crosser150 2022 Mini Adventure Baru, Ada 2 Varian
    NaikMotor – Yamaha mulai menembus pasar mini adventure dengan Crosser150 2022 atau XTZ150. Adventure mini Yamaha itu dihadirkan dalam 2 va...
  • Duta Toraja Street dan Sunset Corner, Memori Benny Hidayat Balap di Ancol
    NaikMotor – Konsep balapan street race yang digagas Polda Metro Jaya dan IMI di Ancol disambut antusias oleh masyarakat termasuk pembalap v...
  • Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021
    NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pen...
  • WoW! Hadirkan 2 Model E-Scooter Baru yang Harganya Mulai dari Rp 60 Jutaan 
    NaikMotor – Brand E-Scooter WoW! baru saja meluncurkan dua model skuter listrik mereka, Model 4 (L1e) dan Model 6 (L3e). WoW! sendiri mer...
  • The Himalayan Alive, Ekspedisi Bermotor ke Jalan Tertinggi di Dunia
    NaikMotor – Enam orang Indonesia dari petualang murni hingga pasangan selebritas akan melakukan perjalanan bermotor The Himalayan Alive  ke...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah