× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Restorasi Vespa, Pakai Part Ori Atau Lokalan?

Eliazard Vespa

NaikMotor – Restorasi Vespa lawas biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama untuk part orisinil. Namun jika ingin menghemat biaya, bisa juga menggunakan part “lokalan.”

Restorasi Vespa lawas biasanya menghabiskan biaya besar. Penyebabnya karena terbatasnya suku cadang yang notabennya mayoritas sudah tidak diproduksi lagi. Bahkan acapkali pemilik Vespa lawas sampai harus berburu suku cadang di luar negeri.

Agung, salah satu team dari Eliazar Scooter Work menjelaskan bahwa merestorasi Vespa lawas memang biayanya besar, namun bisa ditekan dengan hanya memperbaiki komponen yang rusak. Dengan cara ini, pemilik Vespa lawas bisa menekan biaya agar lebih hemat.

Jok orisinil Vespa ‘P’ Series yang harganya mencapai Rp 4 juta. Foto: Firdaus

“Kalo budgetnya no limit sah-sah saja merestorasi total Vespa lawas, namun kalo budget terbatas ya harus sabar, salah satu caranya perbaiki aja dulu komponen yang sudah rusak dan memang sudah tidak layak pakai. Itupun kalo orisinil harganya juga lumayan.”

Agung menambahkan, mayoritas part Vespa memang sudah tidak diproduksi lagi, namun saat ini di Indonesia sudah banyak yang menjual part “lokalan” di market.

Handgrip orisinil Vespa yang harganya dikisaran Rp 300 ribuan.

“Banyak part lokalan, seperti handgrip, karpet untuk Excell, kampas rem, serta lampu-lampu sudah dijual di market. Namun ya pasti ada kekurangannya, semisal handgrip, kalo yang lokalan harganya paling kisaran Rp 50 ribuan, tapi kualitas karetnya keras, dan juga pegangganya kurang enak.”

Berbeda dengan part lokalan, part orisinil memang susah didapatkan, bahkan sampai ada yang harus order dari luar negeri.

Karpet Vespa lokalan biasanya kurang presisi saat dipasang.

“Kalo part orisinil harganya jauh lebih tinggi dibandingkan part lokalan, untuk barang-barang tertentu, seperti emblem untuk Excell 200, baut lobo. Untuk handgrip Vespa jenis Sprint atau Super, harga orisinilnya mencapai kisaran Rp 300 sampai 400 ribuan.”

“Semua tergantung budget dan selera untuk restorasi Vespa. jangan memaksakan, yang terpenting Vespa bisa diajak riding dan mesin sehat. Jika memang ingin merestorasi total, baiknya beli part orisinil dengan bertahap supaya tidak merasa boncos. Namun jika tidak fanatik barang orisinil bisa memakai part “lokalan” tutup Agung. (Daus/Prob/NM).

The post Restorasi Vespa, Pakai Part Ori Atau Lokalan? appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Laguna Seca Bakal Gelar WorldSBK Lagi, Kapan?
    NaikMotor – Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat kabarnya akan bisa gelar WorldSBK lagi. Gelaran terakhir Kejuaraan Dunia Superbike berl...
  • Yamaha Crosser150 2022 Mini Adventure Baru, Ada 2 Varian
    NaikMotor – Yamaha mulai menembus pasar mini adventure dengan Crosser150 2022 atau XTZ150. Adventure mini Yamaha itu dihadirkan dalam 2 va...
  • Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021
    NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pen...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah