× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Kerusakan Motor MotoGP Bisa Sampai Rp 16 Miliar, ini Rinciannya

kerusakan motor

NaikMotor – Tahukah Anda, kerusakan motor MotoGP ternyata bisa menghabiskan dana sebesar Rp 16 miliar, lho! Apa saja sih komponen yang rusak sampai bisa menguras kantong tim? 

Christope Bourguignon yang merupakan seorang teknisi Pembalap Inggris mengungkapkan kepada situs PaddockGP Prancis, “Setiap tahun kami membayar sekitar 2 juta euro (hampir Rp 32 Miliar) untuk sewa sepeda motor Cal Crutchlow.”

Ia mengatakan bahwa biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya pengembangan dan honor engineer HRC yang ikut bersama mereka setiap balapan. “Biayanya terlihat besar, karena banyak juga sumber daya manusia yang terlibat.”

Seperti diberitakan GPone, anggaran biaya tersebut rupanya juga sudah meliputi biaya akibat crash. “Setiap motor MotoGP crash dapat menelan biaya antara Euro 15 ribu hingga 100 ribu (Rp 240 juta- hingga Rp 1,6 Miliar),” jelas Bourguignon.

Bourguignon dan kawan-kawannya sering berharap kalau terjadi kecelakaan hanya dengan kerusakan kecil dan bisa diatasi dengan stok tersedia di paddock mereka. Sebab jika kecelakaannya besar dan fatal, bisa menyebabkan masalah serius bagi tim. Celakanya, setiap crash, paling tidak memakan biaya perbaikan minimal Rp 32 jutaan.

“Kami hanya memiliki 5 tangki bahan bakar sebagai stok dan hal yang sama berlaku untuk radiator. Jika komponen non stok, maka akan merepotkan, karena memesan komponen langsung dari HRC minimalnya memerlukan waktu untuk produksi dan pengiriman,” imbuhnya.

“Motor MotoGP berat dan sangat cepat, sehingga tidak ada crash kecil. Katakan saja jika yang rusak bagian depan, fairing, dan setengah dari setang dan bagian karbon lainnya maka dianggap rusak 100%.”

Satu set cakram rem karbon harganya Rp 160 juta, dan setiap kali motor masuk gravel lontaran kerikil, bisa membuat cakram hancur. Pelek magnesium harganya sekitar Rp 71 jutaan dan karena ban Michelin tipis dan tidak protektif, tim pun jadi perlu mengganti ban secara rutin meskipun kecelakaannya minim. Informasi tambahan, tidak ada satu pun komponen elektronik yang harganya kurang dari Rp 16 jutaan.

Oleh sebab itu, banyak biaya dan roda gigi/penggerak dalam mesin yang rentan rusak jika terkena sedikit saja kontak dengan tanah. Tapi, rupanya ada juga yang kokoh dan 99% bisa diselamatkan jika terjadi kecelakaan.

“Ada bagian padat di motor. Kaliper rem jarang diganti, seperti juga mesin. Saya harus berhati-hati karena kami memiliki jumlah mesin yang terbatas pada musim ini, tetapi seingat saya, saya tidak pernah mengganti mesin karena kecelakaan. Ini terlindungi dengan baik, bahkan setelah kecelakaan besar di mana kami harus mengubah 90% bagian-bagian motor, mesinnya masih utuh.” (Litha/Prob/NM)

The post Kerusakan Motor MotoGP Bisa Sampai Rp 16 Miliar, ini Rinciannya appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Laguna Seca Bakal Gelar WorldSBK Lagi, Kapan?
    NaikMotor – Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat kabarnya akan bisa gelar WorldSBK lagi. Gelaran terakhir Kejuaraan Dunia Superbike berl...
  • Yamaha Crosser150 2022 Mini Adventure Baru, Ada 2 Varian
    NaikMotor – Yamaha mulai menembus pasar mini adventure dengan Crosser150 2022 atau XTZ150. Adventure mini Yamaha itu dihadirkan dalam 2 va...
  • Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021
    NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pen...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah