× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Perawatan Aki Motor, Ada Ritualnya Agar Tidak Tekor

Perawatan Aki Motor

NaikMotor – Sepeda motor moderen sudah sangat memerlukan kehadiran baterai atau aki sepeda motor. Untuk itu perawatan aki motor menjadi krusial.

Aki adalah salah satu komponen terpenting yang ada di sepeda motor. Sesuai fungsinya, aki bertugas untuk menyalurkan tegangan listrik ke motor agar fungsi elektronik yang ada di motor bekerja dengan baik. Seperti untuk penyalaan, atau mengaktifkan starter elektrik sepeda motor.

Baik aki Maintenance Free (aki kering) maupun elektrolit (aki basah) butuh perawatan. Agar usia pakainya lebih lama, dan tidak merepotkan karena tekor saat dibutuhkan.

Menurut Nopy Hanantohan, kepala bengkel Shop & Bike Karawaci, Tangerang, hal terpenting dalam merawat aki adalah dengan memanaskan motor setiap hari.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk memanaskan motor setiap hari, batas toleransi bagi Nopy adalah dengan memanaskannya dua hari sekali. Sedangkan, waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin adalah kurang lebih 15 menit.

“Cukup dipanaskan kurang lebih 15 menit, waktunya bisa dua hari sekali, tujuannya agar dapat pengisian di akinya. Jadi begitu distarter, listrik akinya sudah standby. Memanaskan mesinnya pun waktunya bebas, boleh pagi, siang, atau malam,” kata Nopy.

“Kalau motor diam semalaman itu lebih baik diengkol dulu kick starternya agar aki kerjanya tidak begitu berat,” sambungnya.

Sementara itu, untuk motor yang ditinggal pemiliknya dalam waktu yang cukup lama, Nopy punya saran lain agar kondisi aki bisa tetap optimal, yakni dengan melepas kabel negatif aki. “(Kabel negatif aki) boleh dilepas untuk mengurangi risiko kebocoran jika motor ditinggal lama,” ujarnya. (Galih/Prob/NM)

The post Perawatan Aki Motor, Ada Ritualnya Agar Tidak Tekor appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Yamaha Crosser150 2022 Mini Adventure Baru, Ada 2 Varian
    NaikMotor – Yamaha mulai menembus pasar mini adventure dengan Crosser150 2022 atau XTZ150. Adventure mini Yamaha itu dihadirkan dalam 2 va...
  • Laguna Seca Bakal Gelar WorldSBK Lagi, Kapan?
    NaikMotor – Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat kabarnya akan bisa gelar WorldSBK lagi. Gelaran terakhir Kejuaraan Dunia Superbike berl...
  • Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021
    NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pen...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah