× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Tak Usah Galau, Begini Cara Mudah Membaca Spesifikasi Oli

Kawasaki Genuine Oil

NaikMotor – Bingung memahami kode angka dan huruf pada kemasan oli, tak usah galau. Kode pada kemasan oli menunjukkan tingkat kekentalan oli dan peruntukan geografis lokasi di mana oli tersebut cocok digunakan.

Oli kendaraan terbagi atas berbagai jenis kekentalan. Kadar kekentalan ini bisa diketahui dari kode kombinasi huruf dan angka yang tertera pada kemasan. Kode kekentalan ini sebaiknya dipahami pemilik kendaraan sebelum membeli oli, tujuannya agar tidak salah membeli dan memakai oli. Kode kekentalan biasanya ada dua jenis single grade dan multigrade. Tetapi saat ini oli dengan kekentalan multigrade lebih popular di pasaran.

Seperti begini membacanya. Kode untuk menandai jenis kekentalan oli umumnya diawali dari kata SAE, singkatan dari Society of Automotive Engineers (Amerika Serikat) yang menjadi standar. Selanjutnya pada jenis multigrade diikuti setelah angka bersama kode huruf W yang diambil dari kata Winter dan angka lainnya setelah garis hubung, Misalnya SAE 10W-30, artinya tingkat kekentalan oli 10 saat suhu 0 derajat Celcius, sementara pada suhu 100 derajat Celcius kekentalannya 30, SAE 10W-30 akan lebih encer daripada SAE 10W-40.

Tetapi sebelum memilih oli yang tepat sebaiknya konsumen membaca terlebih dahulu buku pedoman kepemilikan kendaraan, atau owner’s manual book. Karena itu direkomendasikan oleh pabrikan, dan tentunya pilihan kekentalan oli sudah tepat.

Seperti yang dinyatakan Iman, salah satu mekanik bengkel Honda di bilangan Ciputat menjelaskan setiap pabrikan punya rekomendasi tingkat kekentalan oli untuk masing-masing produknya.

“Rata-rata skutik Jepang bermesin di bawah 250cc menggunakan oli SAE 10W-30. Sementara skutik Jepang dengan mesin 250cc ke atas menggunakan oli SAE 10W-40 ataupun SAE 5W-40.”

Walaupun ada rekomendasi pabrikan, Iman menjelskan penggunaan tingkat kekentalan oli bisa berubah seiring usia pemakaian. Untuk motor skutik yang tadiya menggunakan oli SAE 10W-30, Iman menganjurkan pemilik motor untuk menggantinya dengan SAE 10W-40 bila pemakaian sudah mencapai 5 tahun.

“Untuk mesin-mesin yang awalnya SAE 10W-30, kemudian berjaan 5-6 tahun, otomatis girnya mulai merenggang. Jadi pemakaian jenis oli berubah SAE 10W-40.” (Daus/Prob/NM).

The post Tak Usah Galau, Begini Cara Mudah Membaca Spesifikasi Oli appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Sneak Peak Damon HyperSport Baru, Pamerkan 5 Fitur Baru
    NaikMotor – Damon Motorcycles memberikan cuplikan mengenai sepeda motor HyperSport mereka yang telah mendapatkan beragam versi pembaharua...
  • Repaint Motor Kesayangan Pakai Diton Premium Gold 9123, Premium dan Unik!
    NaikMotor – Bikin sepeda motor kesayanganmu makin elegan dan unik dengan warna Gold 9123 dari cat semprot yang 100% buatan anak bangsa, Dit...
  • Usai MotoGP Qatar Batal, MotoGP 2020 Thailand Batal Juga?
    NaikMotor – Kabar batalnya MotoGP Qatar yang akan diselenggarakan minggu depan sudah dikonfirmasi. Ada kekhawatiran MotoGP 2020 Thailand ...
  • Joan Mir Kecewa MotoGP Qatar Batal, Sedangkan Moto2 dan Moto3 Tetap Berlangsung
    NaikMotor – Joan Mir kecewa MotoGP Qatar terpaksa dibatalkan karena virus corona yang membuat pemerintah memperketat regulasi bagi pendata...
  • Anti Gagal Mengecat Motor Pakai Cat Semprot Diton Premium
    NaikMotor – Pernah mengecat motor sendiri tapi hasilnya kacau, warna yang pecah bahkan terlihat berkerut? Bagaimana sih cara menggunakan ca...
  • Suzuki SV650 2021, Pamerkan Kombinasi Warna dan Mesin Baru
    NaikMotor – Suzuki SV650 2021 muncul di pasaran. Dengan mengkombinasikan warna, sasis, mesin, dan bodywork baru, Suzuki mematok harga di ...
  • Jadi Komponen yang Krusial, Begini Cara Rawat Suspensi Motor Biar Awet
    NaikMotor – Menjadi salah satu komponen terpenting, Wahana Honda pun membagikan tips rawat suspensi atau shockabsorber agar awet dan sia...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah