× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Kenali Penyebab Masalah V-Belt Biar Riding Jadi Tenang

kenali masalah v-belt

NaikMotor – V-Belt merupakan komponen penting pada skuter matik yang berfungsi layaknya rantai pada model underbone (bebek) atau motor berkopling. Biar riding jadi tenang, baiknya kenali masalah v-belt dan gejalanya.

Ada beberapa tanda ketika v-belt mulai bermasalah dan jika dibiarkan lama berisiko putus. Berikut informasi penyebab dan waktu tepat penggantian v-belt dari Wahana Honda.

Tanda pertama adalah munculnya suara berdecit pada transmisi CVT. Bunyi tersebut biasanya akan terdengar saat motor akan berjalan. Tanda kedua adalah ada tarikan tersendat saat gas rendah menuju tinggi atau dari posisi mati ke posisi jalan. Kemudia tanda ketiga adalah performa dan kecepatan motor menurun drastis, padahal pada speedometer menunjukkan garis tinggi.

Setiap v-belt pada motor matik memiliki usia yang berbeda-beda. Pembeda dari usia v-belt di setiap motor tersebut adalah durasi pemakaian kendaraan serta beban yang diangkut motor. Selain itu, apabila motor matik sering digunakan untuk kebut-kebutan, maka hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab v-belt cepat aus bahkan putus.

Salah satu produk V-Belt. Foto: Aspira

Nah, ketika v-belt putus otomatis motor akan kehilangan tenaga laju sama sekali, disebabkan karena tidak ada pengantar tenaga dan penghubung pulley bagian depan dengan belakang. Efek lain yang ditimbulkan ketika v-belt putus adalah dapat merembet pada komponen-komponen lain pada sistem transmisi CVT. Jadi kenali masalah v-belt sejak awal.

Untuk menghindari v-belt bermasalah, standar rata-rata kapan harus mengganti v-belt adalah ketika motor matik tersebut sudah menempuh jarak 25 sampai 30 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun lamanya.

Oh ya, disarankan ketika mengganti v-belt, baiknya memakai produk OEM atau orisinil daripada produk aftermarket karena kualitasnya lebih baik. Ditambah lagi, rata-rata v-belt dari pabrikan resminya memiliki harga lebih murah dibandingkan yang aftermarket. (Daus/Prob/NM).

The post Kenali Penyebab Masalah V-Belt Biar Riding Jadi Tenang appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Delivery Unit Vespa Diler DPM Rawamangun Mulai Membaik
    NaikMotor – Salah satu diler Vespa di Jakarta milik PT Dwi Pratama Mandiri (DPM) mulai menunjukkan kestabilan pengiriman unitnya setelah ...
  • Bautista Sesumbar Jadi Juara, Hanya Soal Waktu Saja
    NaikMotor – Pembalap WorldSBK Honda asal Spanyol, Alvaro Bautista masih optimis meski musim jadi pendek akibat Pandemi. Namun, Bautista ses...
  • Bukan Cuma Jualan Motor Honda, Ini Dia Unit Bisnis Wahana Artha Group
    NaikMotor – Acara   Honda ADV150 Journalist, Blogger and Vlogger Fun Rally Touring and Wahana Bussines Knowledge (18-20/10/2019) menjadi k...
  • New Normal, Garda Usulkan Driver Ojol Pakai Sekat Partisi
    NaikMotor – Ojol sampai saat ini masih dilarang membawa penumpang. Menyambut fase New Normal, Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) mengusulkan d...
  • Skuter Listrik ECGo2 Bike Diluncurkan dengan Harga Rp 6,9 Juta Sistem Sewa Baterai
    NaikMotor – Produk PT Green City Traffic ini ECGo2 Bike dihadirkan untuk menepis anggapan harga motor listrik.mahal. ECGo2 Bike diluncurkan...
  • Balance Bike Listrik 3 in 1 Dibuat Bersama KTM, Husqvarna dan GasGas
    NaikMotor – KTM, Husqvarna dan GasGas sejatinya 1 grup di bawah pabrikan Austria, KTM. Ketiganya menghadirkan balance bike listrik yang sama...
  • Skuter Listrik Kymco Mampu Menempuh 90 KM dengan Baterai Swapable
    NaikMotor – Pabrikan dari Taiwan ini menampilkan skuter listrik sport. Skuter listrik Kymco i-One DX di EICMA 2019 itu dibekali baterai swa...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah