× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Ini Penyebab Motor Susah Distarter dan Lampu Redup

Kalau tetiba sepeda motor susah distarter dan lampu redup, jangan gelagapan dan dipaksa dinyalakan. Bisa jadi kelistrikan bermasalah

NaikMotor – Kalau tetiba sepeda motor susah distarter dan lampu redup, jangan gelagapan dan dipaksa dinyalakan. Bisa jadi kelistrikan bermasalah yang jika dipasakan malah merusak komponen kelistrikan lainnya. 

Sistem kelistrikan pada sepeda motor punya peran penting, terutama yang sudah mengadopsi teknologi injeksi. Jika salah satu komponen kelistrikan bermasalah dan dibiarkan terlalu lama biasanya akan berakibat aki menjadi soak.

Selain aki, komponen penting kelistrikan pada sepeda motor adalah kiprok atau regulator rectifier. Secara fungsi kiprok perannya untuk menstabilkan dan menahan arus listrik yang dihasilkan dari sepul ke aki, sehingga arus yang masuk tidak terlalu besar atau kecil alias bisa terkontrol.

“Selain sebagai penahan arus, kiprok fungsinya sebagai penyelaras arus sebelum masuk ke aki. Arus dari sepul itu AC sebelum masuk ke aki difilter melalui kiprok kemudian diubah menjadi DC atau semi DC,” terang Iman, mekanik diler Honda di bilangan Ciputat.

Iman juga menjelaskan kerusakan pada kiprok bisa merugikan pemilik motor jika dibiarkan terlalu lama.

Mengecek sistem kelistrikan dengan Electrical Pocket Tester. Foto: Istimewa

“Kiprok yang sudah lemah atau rusak tentunya tidak bisa melakukan fungsinya. Hal ini mengakibatkan arus listrik mengalir bebas ke aki yang membuat aki gampang soak. Imbasnya timbul masalah lain, seperti starter yang susah, sampai lampu menjadi redup,” imbuhnya.

Motor susah distarter dan lampu yang tiba-tiba redup dan bahkan bohlam putus biasanya diakibatkan karena over charge, terutama saat motor digeber pada rpm tinggi. Agar kerusakan tidak menjalar, baiknya pemilik motor melakukan pengecekan fungsi kiprok saat melakukan servis berkala.

“Untuk standarisasi pengecekan pada sistem kelistrikan dari bengkel resmi, umumnya di AHASS kita menggunakan pocket tester digital,” tutup Iman. (Daus/Prob/NM).

The post Ini Penyebab Motor Susah Distarter dan Lampu Redup appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Yamaha Crosser150 2022 Mini Adventure Baru, Ada 2 Varian
    NaikMotor – Yamaha mulai menembus pasar mini adventure dengan Crosser150 2022 atau XTZ150. Adventure mini Yamaha itu dihadirkan dalam 2 va...
  • Laguna Seca Bakal Gelar WorldSBK Lagi, Kapan?
    NaikMotor – Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat kabarnya akan bisa gelar WorldSBK lagi. Gelaran terakhir Kejuaraan Dunia Superbike berl...
  • Bakal Jadi Offroader Baru, ini Konsep Honda CRF450R 2021
    NaikMotor – Dalam jajaran motor off-road baru Honda yang kabarnya akan hadir tahun depan, ada Honda CRF450R yang rupanya sedang dalam pen...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah