× Home Sitemap Disclaimer
Navigasi

suka motor

Artikel Terbaru

Begini Merawat Pelek Jari-jari Biar Awet dan Tetap Kinclong

Merawat pelek jari-jari

NaikMotor – Pelek jari-jari atau spoke wheel memang memiliki daya tarik yang tak lekang oleh waktu. Untuk mempertahankan tampilan dan fungsinya, harus rutin merawat pelek jari-jari.

Merawat pelek jari-jari memang gampang-gampang susah dibandingkan dengan casting wheel atau pelek racing. Pelek jari-jari menjadi rentan karat jika terdapat sisa kotoran yang tidak dibersihkan.

Ada beberapa perawatan sederhana untuk menjaga keawetan pelek. Nah, bagaimana caranya?

Tahap pertama adalah segera bersihkan pelek sesat setelah digunakan, utamanya jika setelah berkendara saat hujan karena akan banyak kotoran seperti lumpur menempel pada pelek.

“Setelah digunakan berkendara saat hujan, baiknya segera dicuci untuk membersihkan kotoran yang menempel dan bisa menimbulkan karat pada sela jari-jari serta peleknya sendiri,” terang Wahyu, salah satu teknisi dari Planet Ban Pasar Minggu.

Foto: Wahana/Google

Kemudian yang kedua adalah menjaga tekanan angin ban yang ideal. Dalam jangka panjang, kurangnya tekanan angin ban akan membuat jari-jari pelek mengendur bahkan bisa bengkok.

“Tekanan angin ban ideal umumnya 28 Psi untuk bagian depan dan 32 Psi pada bagian ban belakang. Atau bisa melihat rekomendasi pabrikan di label yang ada pada motor,” tambah Wahyu.

Setting jari-jari setiap 6 bulan sekali. Foto: Istimewa

Kemudian yang ketiga adalah memeriksa kekencangan jari-jari. Seiring penggunaan, kondisi jari-jari akan berkurang kekencangannya akibat benturan dengan jalan saat berkendara. Umumnya, pengecekan kekencangan jari-jari tersebut masuk dalam prosedur pengecekan berkala di bengkel resmi.

Untuk jari-jari, baiknya 6 bulan sekali dilakukan setting jari-jari untuk mengecek kekencangannya. Dalam kondisi dipakai atau tidak, 6 bulan itu sebenarnya dianjurkan untuk memeriksa kondisi pelek jari-jari,” tutup Wahyu. (Daus/Prob/NM).

The post Begini Merawat Pelek Jari-jari Biar Awet dan Tetap Kinclong appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.


Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Popular Posts

  • Karburator Rembes? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya Menurut Astra Motor
    NaikMotor – Karburator sepeda motor sering banjir atau rembes? Bisa jadi ada beberapa masalah yang dikhawatirkan jika terus dibiarkan bisa ...
  • Bakal Hadir BMW Motorrad R18 Entry Level, Bermesin R nineT
    NaikMotor – BMW Motorrad dikabarkan tengah mengerjakan versi R18 yang lebih kecil, yaitu R12 yang memiliki platform mesin 1.170 cc R nine...
  • Daftar Peraih Penghargaan IIMS Virtual 2021 X Shopee Visitor Choice
    NaikMotor – Penutupan IIMS Virtual fase pertama dimeriahkan dengan penghargaan IIMS Virtual 2021 x Shopee Visitor Choice. Berikut Daftar p...
  • Pembayaran Contactless di SPBU Shell di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya
    NaikMotor – SPBU Shell kini menerima pembayaran transaksi dengan sistem Visa contactless. Pembayaran ini sudah bisa dinikmati konsumen wila...
  • Berikut Keuntungan Menggunakan CDI Pada Vespa Klasik
    NaikMotor – Pengguna Vespa klasik banyak yang mengubah sistem pengapiannya dari platina ke Capasitor Discharge Ignition (CDI) . Sebab CDI p...
  • Antusias Sambut Musim 2021 di Tim Baru, Petrucci Sampai Belajar Bahasa Jerman
    NaikMotor – Danilo Petrucci nampaknya sangat semangat untuk memulai babak baru dalam karir MotoGP -nya. Dengan niat dan antusiasmenya, Pet...
  • Bawa Motor ke IMoS 2018 Siapkan e-money Buat Bayar Parkir
    NaikMotor – Mengunjungi pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018 akan menyenangkan sambil naikmotor dari rumah. Tetapi jangan lupa jik...

Halaman

  • Beranda
  • Kontak Kami
  • sitemap
  • Disclaimer
Ehcrodeh. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Suka Motor . Template by: Padja Tjiloeah