NaikMotor – Sejarah Suzuki GSX dimulai sejak 1980. GSX merupakan sportbike legendaris hasil pengembangan GS series dilakukan guna menjaga dan meningkatkan performanya, sekarang GSX Series sudah diisi berbagai model dan tipe beragam.
Sebelum berkembang, sejarah Suzuki GSX dimulai dari sepeda motor GS series universal Jepang yang merupakan mesin 4 tak pertama bagi Suzuki. GS mulanya dilengkapi 2 katup setiap silindernya, sementara GSX dilengkapi 4 katup per silindernya dengan karakter sport.
Seri GSX paling awal contohnya adalah GSX 250 dua silinder dan GSX 400. Model evolusi seri GS 2 katup yang menerapkan sistem pendinginan oli dan menjadi model 4 katup pertama yang diproduksi tahun 1980.
Pada perkembangannya, 1986 di Amerika Serikat atau 1985 di luar Amerika Serikat, GSX-R pun hadir dengan dasar mesin Twin-Swirl Combustion Chamber (TXCC) seperti Suzuki Katana. TSCC dirancang ulang di tahun 1983 dan GSX 750 diperkenalkan ke khalayak umum sebagai motor sport modern mono-shock, yang terbagi lagi menjadi versi naked GSX 750E dan setengah faired GSX 750ES.
GSX 750E kemudian digantikan oleh seri sport-nya GSX-F yang di Amerika disebut Katana. GSX 750S (Katana) tahun 1984 menjadi basis mesin GSX-R series pertama. Lalu ada seri GSX yang diproduksi sebagai model sport touring faired, yaitu GSX600F dan GSX750F dan ada GSX 750 generasi kedua dan GSX 1400
Pada tahun 2008, GSX650F diproduksi. GSX750, GSX1200 Inazuma ditawarkan dan rupanya berhasil populer di Eropa serta Jepang, sehingga muncul seri baru, GSX1400 yang diproduksi antara 2001-2008. Seri-seri terbarunya yang masih bahkan baru dirilis terdiri dari GSX-S150, GSX-R125 ABS, dan GSX-S750, uniknya seri GSX bermesin di bawah 400cc kini kembali menggunakan 2 katup persilinder namun sudah DOHC. (Litha/Prob/NM)
The post Sejarah Suzuki GSX, Sportbike Legendaris Sejak 1980 appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.
Sumber naikmotor.com .
Tag: #naikmotor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar