Review Mobil - Daihatsu Taruna meruakan Mobil SUV dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Indonesia yang saat ini masih banyak diminati oleh konsumen, Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, mobil bekas Daihatsu Taruna harganya masih cukup tinggi, berkisar antara 70 juta sampai 125 juta, tergantung tahun produksinya. Sekarang sudah digantikan dengan Daihatsu Terios.
Daihatsu Taruna |
Taruna merupakan penyempurnaan dari Daihatsu Feroza. Daihatsu Taruna memiliki banyak tipe dan jenis varian yang berbeda. Agar lebih jelas, Berikut adalah tipe\dan jenis Daihatsu Taruna berdasarkan tahun produksinya.
- Tipe C-Series, kode HD-C diproduksi tahun 1999
Tipe ini menggunakan mesin sebesar 1500-1600 cc yang menggunakan karburator. Tipe C adalah tipe menggunakan sasis pendek sehingga bangku bagian belakang saling berhadapan. Bisa memuat 7 orang. Masih menggunakan single blower.
- Tipe C-Series Special Edition, kode HD-E diproduksi tahun 2000
Bed dengan keluaran sebelumnya, Mobil ini sudah menggunakan sistem injeksi untuk penyuplai bahan bakar. Kapasitas mesin 1500-1600 cc. Untuk interior lebih bagus dengan menggunakan jok kulit.
- Tipe F-Series, kode HE-E diproduksi tahun 2001
Tipe ini menggunakan mesin 1600 cc yang dipadu dengan karburator dan juga 1500 cc dengan sistem injeksi (EFI). Ada beberapa tipe, yaitu FL, FX dan FGX. Tipe F adalah seri Taruna sasis panjang. Bangku belakang atau baris ketiga sudah menghadap kedepan.
- Tipe F-Series, kode HE-E- diproduksi tahun 2002
Pada tahun ini masih sama dengan versi sebelumya, namun semua mesin sudah menggunakan sistem full injeksi. Sudah menggunakan spion elektrik dengan warna exterior two tone.
- Tipe Oxxy diproduksi tahun 2005
Tipe ini adalah yang terbaru dan merupakan penyempurnaan dari model C dan F series. Oxxy berarti penyegaran. Dengan mesin 1500 cc menggunakan sistem full injeksi. Tampilan lebih sporty dengan headlamp yang berubah, foglamp yang bervariasi dan grill yang dilapisi krom. Ada tambahan spoiler dan body kit sesuai dengan warna mobil. Baca juga disini kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna.
Setelah tahun 2006, Daihatsu Taruna resmi tidak diproduksi lagi, dan sebagai penggantinya, Daihatsu memproduksi Daihatsu Terios yang direlease tahun 2007. Bahkan di tahun 2015 akan hadir varian terbaru yaitu Daihatsu Terios Spirit.
Tipe-tipe Daihatsu Taruna Berdasarkan seri :
CL, CX dan CSX. CL adalah tipe standard dan tidak dilengkapi AC dan tape. CX adalah tipe menengah sudah dilegkapi dengan AC dan tape serta velg alloy. Untuk tipe CSX terbilang paling komplit, sudah dilengkapi dengan electric window hingga side body moulding.
FL, FX dan FGX sama dengan tipe C Series, perbedaanya adalah dimensi F lebih lebih panjang 250 mm dan memiliki bangku baris ketiga yang menghadap ke depan.
Konsumsi BBM Taruna berkisar rata-rata 15km per liter untuk luar kota dan 10km per liter untuk dalam kota. Berikut review seputar konsumsi BBM dari pengguna taruna
- Forum 1: Taruna EFI 2002, dengan rute kombinasi macet dan toll bisa mencapai 10 km per liter dengan bahan bakar pertamax.
Forum 2: Taruna EFI CSR 1.6 bisa mencapai 8-9 km per liter untuk dalam kota, sedangkan Taruna CSX 1.5 bisa mndapatkan 9-10 km per liter untuk dalam kota.
kaskuser 1: Perjalanan luar kota Jakarta - Cilacap bisa mencapai 10.2 km per liter dengan metode full fo full dengan lintasan macet serta jalan naik turun gunung.
kaskuser 2: Perjalanan luar kota semarang - blora berjarak 163 km bisa mencapai 12 km per liter dengan metode full fo full dengan jalan lumayan ramai lancar dan maksimal speed hanya 80km/jam.
Kaskuser 3: Perjalanan luar kota Blora - Purworejo dengna kondisi jalan macet parah di sekitar prambanan, hanya menghabiskan 10km/liter.
Kaskuser 4: Mudik dari Tegal ke Sempor PP dengan jarak tempuh 507 km dapat 10.8km per liter dengan metode full to full.
Kaskuser 5: Taruna EFI 2004 dalam kota hanya bisa 8-10 km/liter.
Kaskuser 6: Taruna 2003 dalam kota kombinasi toll dan macet dengan jarak tempuh 600km menghabiskan 75 liter yang artinya sama dengan 8km per liter. Rute Serpong - Senen- Depok dengan Premium
Kaskuser 7: Taruna CSX untuk lur kota bisa 1:13an dengan kondisi full ac sedangkan rute dalam kota Jakarta bisa 1:8an.
Adapun permasalahan yang sering di keluhkan oleh pemiliknya adalah:
- Seputar gardan yang cukup berisik atau berdengung sehingga suaranya masuk ke dalam kabin
- Untuk yang tipe menggunakan karburator, sebaiknya harus rutin dibersihkan karena jika berpengaruh ke tarikan atau akselerasi. Selain itu pompa bensin yang karburator juga sering jebol.
- Untuk yang mesin dengan teknologi EFI menurut info yang beredar lebih irit daripada yang karburator.
- Body roll juga berasa karena ground clearance tergolong cukup tinggi. Namun shockbreaker tergolong nyaman atau empuk.
Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam Berita Otomotif. (wk).
Tag: #daihatsu #Daihatsu Taruna #jenis taruna #mobil #mobil suv #mobil_suv #Taruna #tipe taruna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar